Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan / DBHCHT yang diadakan Pemkab Demak bekerja sama dengan Kantor Bea Cukai Semarang

Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan / DBHCHT yang diadakan Pemkab Demak bekerja sama dengan Kantor Bea Cukai Semarang di wilayah Kabupaten Demak masih berlanjut minggu ini. Bertempat di Balai Desa Merak, Kec. Dempel dan Balai Desa Balerejo, Kec. Dempet, Kab. Demak pada hari Senin dan Selasa, tanggal 29 sampai dengan 30 April 2019 sekaligus menjadi penutup rangkain kegiatan sosialiasi dan pengenalan cukai di masyarakat. Seperti acara pada minggu sebelumnya, acara sosialiasi dihadiri oleh Pemkab Demak, perangkat desa dan masyarakat setempat, serta narasumber dari Kantor Bea Cukai Semarang.

Sebagai pembukaan acara, Kades Balerejo, H. Mursyidi menyampaikan sambutan kepada masyarakat yang hadir. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Demak dan Kantor Bea Cukai Semarang yang dapat mengadakan sosialiasi di bidang cukai. “Saya sangat berterima kasih karena dengan diadakannya acara ini masyarakat dapat lebih mengerti tentang cukai serta peraturan-peraturan yang berlaku saat ini” ungkap Mursyidi. Selain itu beliau juga berharap agar masyarakat dapat membedakan antara barang kena cukai yang legal dengan yang ilegal.

Baca Juga :
Pembayaran PBB Masal Tahun 2017

Masuk ke pemaparan materi tentang cukai, narasumber dari Kantor Bea Cukai Semarang yang hadir yaitu Kasubsi Penyidikan, Beni Setyawan untuk Desa Merak dan pelaksana pada Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Ikhsannudin untuk Desa Balerejo. Materi yang dipaparkan antara lain pengertian tentang cukai, undang-undang cukai, barang kena cukai, penerimaan dan bagi hasil cukai, serta identifikasi pita cukai ilegal. Pemaparan tentang barang kena cukai dan identifikasi keaslian pita cukai menjadi poin penting dalam penyampaian materi. Tujuannya, selain untuk mengamankan hak negara, masyarakat juga diharapkan waspada dan turut berperan dalam pengawasan barang kena cukai ilegal di lingkungannya.

Dari sosialisasi di bidang cukai ini, masyarakat diharapkan lebih paham dan lebih waspada apabila terdapat kegiatan ilegal di sekitarnya. Selain itu masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga salah satu sumber penerimaan negara yaitu cukai, karena secara tidak langsung hasil penerimaan cukai juga akan dinikmati oleh masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply